Belajar Membedakan Windows 32-bit dan 64-bit

Respons: 3 comments

Belajar Membedakan Windows 32-bit dan 64-bit


ref#39


Tentunya kita tidak asing lagi dengan Operasi Sistem yang bernama Windows. Seiring perkembangannya Windows telah merilis berbagai versi untuk menyesuaikan diri dengan pesatnya perkembangan dunia Hardware. Setelah sebelumnya penulis mempostingkan artikel mengenal pebedaan edisi windows7, hal ini tentu agar sistem operasi bisa menangani kinerja hardware tersebut. Dulu, RAM 1 GB sudah besar dan sudah bisa ditangani dengan baik oleh windows xp 32bit, tetapi sekarang RAM 8 GB sudah dengan sangat mudah dan murah untuk didapat.

Nah, dengan komposisi RAM seperti itu , jelas tidak akan bisa terbaca dengan baik oleh windows 32-bit versi apapun, dan tentunya dibutuhkan windows versi 64-bit agar RAM sebesar itu bisa terdeteksi dengan baik.

Sekarang bagaimana Cara Membedakan Windows 32-bit deengan 64-bit ?. yoo dilanjuut bacanya….

Bit computer menentukan seberapa banyak data dapat diproses, Di system operasi Windows XP, 32-bit dan 64-bit adalah yang paling sering digunakan. Semakin tinggi hitungan bit yang digunakan, maka makin cepat komputer dapat memproses data. Penting juga untuk mengetahui apakah komputer menggunakan system 32-bit atau 64-bit, sehingga ketika Anda menginstal program, aplikasi dan driver, maka Anda akan merasa pasti bahwa apa yang di-instal kompatibel dengan versi Windows Anda.

Cara mengetahui bit system operasi yang digunakan :

Menggunakan System Properties
Klik menu “Start” Windows dan klik “Run” dan akan muncul command box. Ketikkan “sysdm.cpl” (tanpa tanda petik) dan tekan Enter hingga muncul dialog box System Properties.
Klik tab “General”. Anda akan melihat informasi mengenai system operasi Anda. Jika Anda memiliki komputer yang berjalan di system 64-bit, maka Anda akan melihat tulisan “Windows XP Professional x64 Edition Version” di bawah “System“. Jika komputer berjalan di system 32-bit, maka Anda hanya akan melihat “Windows XP” (home or professional) di bawah “System” .
Tutup dialog box “System Properties“.

Menggunakan jendela System Information
Klik menu “Start” Windows, klik “Run” untuk launching command box.
Ketik “winmsd.exe” (tanpa tanda petik) dan tekan Enter hingga muncul jendela System Information
Klik “System Summary” di panel navigasi dan lokasikan “Processor” di bawah “Item” di detailnya.
Jika value processor mulai dengan x86, maka komputer Anda berjalan dengan versi 32-bit JIka value processor mulai dengan ia64 atau AMD64, maka komputer Anda berjalan di system Windows 64-bit.
Tutup jendela System Information.

Demikian Cara Membedakan Wndows 32-bit dengan 64-bit . Semoga bermanfaat bagi teman teman.





Sumber : Beritanet.com Description: Belajar Membedakan Windows 32-bit dan 64-bit Rating: 3.5 Reviewer: SAMBORES ItemReviewed: Belajar Membedakan Windows 32-bit dan 64-bit

3 comments:

  1. terimakasih banyak nih bang infonya, kebetulan saya gak pernah pake cara di atas. tahunya cuma pake klik kanan my computer pilih propertis udah gitu aja selesai :D

    ReplyDelete
  2. Wah makasih infonya sobat... jadi begitu ya cara mengetahuinya... ok deh sip :)

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Copyright © Bengkel SMK berbagi informasi dan tutorial

Designed By: Habib Blog