Belajar Membersihkan Prosesor Komputer

Respons: 4 comments
alt="belajar membersihkan prosessor"

ref#27

Processor sebagai otak utama pada komputer juga dapat menyebabkan masalah untuk komputer, salah satunya karena terjadi panas berlebih (overheating) sehingga dapat membuat komputer sering restart dan mungkin mati tiba-tiba. Kejadian tersebut bisa kita hindari dengan cara melakukan perawatan pada prosessor secara rutin
Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan processor :
    • Pastikan bagian atas prosesor Anda telah diolesi dengan thermal paste. Gunakan thermal paste yang bagus.
    • Pastikan casing memiliki jalur sirkulasi yang lanbar, karena casing yang kurang sirkulasi akan menyebabkan komponen hardware didalamnya, termasuk processor, menjadi lebih cepat panas.
    • Rapikan kabel-kabel, terutama kabel tipe ATA yang berukuran lebih besar dan lebar dibandingkan kabel SATA. Kabel yang rapi dapat memperlancar aliran udara dalam casing.
    • Untuk komputer pribadi, mungkin Anda adpat membuka penutup casing, untuk efektivitas kelancaran sirkulasi udara
      Cara membersihkan CPU :
        1. Tahap pembersihan. gunakan saja kuas kecil ( tapi ya nggak kecil-kecil amat ), blower jika punya. Jangan menggunakan cairan apapun untuk membersihkan segala komponen CPU.
        2. Power suplay, ROM dan Floppy cukup dibersihkan menggunakan kuas agar debu-debu yg menempel menjadi hilang.
        3. RAM dan VGA card : bersihkan debu dengan kuas. Perhatikan kaki-kaki komponen yg berwarna keemasan. jika warnanya keruh atau tidak mengkilap, segera gosok dengan penghapus pensil.
        4. Heatsink : bersihkan saja dengan kuas. jika memungkinkan, pisahkan besi heatsink dan kipas supaya hasil pembersihan lebih optimal.
        5. Processor : bersihkan dengan kuas. biasanya ada bekas kerak diatas processor. itu adalah thermal paste ( pasta ) yg mengering. bersihkan dgn hati-hati dan penuh rasa cinta menggunakan ujung obeng pipih atau alat lainnya.
        6. Motherboard : bersihkan debu dgn kuas secara perlahan-lahan. jangan lewatkan sela-sela slot konektor utk RAM. VGA card, dll.
        7. Bersihkan casing CPU
          Catatan
            • Jangan menyemprotkan cairan apapun ke komponen komputer. Jika semprotan diperlukan, semprot cairan ke kain dan kemudian menggunakan kain yang menggosok bawah komponen.
            • Saat membersihkan komponen atau komputer, matikan sebelum dibersihkan.
            • Hati-hati saat menggunakan larutan pembersih, beberapa individu mungkin memiliki reaksi alergi terhadap bahan kimia dalam larutan pembersih dan beberapa pelarut bahkan dapat merusak. Cobalah untuk selalu menggunakan air atau pelarut sangat diencerkan.
            • Saat membersihkan, berhati-hatilah untuk tidak sengaja menyesuaikan setiap tombol-tombol atau kontrol. Selain itu, saat membersihkan bagian belakang komputer, jika ada sesuatu yang terpasang, pastikan untuk tidak cabut dari colokan.
            • Saat membersihkan, terutama yang lebih kecil dalam komputer portabel atau laptop itu disarankan bahwa Anda juga memegang sesuatu kipas atau tempat di-antara bilah kipas untuk mencegah berputar. Penyemprotan kompresi udara ke kipas angin atau membersihkan kipas dengan ruang hampa dapat menyebabkan kerusakan atau kembali tegangan yang akan dihasilkan.
            • Jangan pernah makan atau minum di sekitar komputer.
            • Anda dapat melakukan perawatan 3 bulan sekali, terutama dalam ruangan yang ber-AC. Namun, jika lingkungan banyak debu, perawatan dapat dilakukan setiap sebulan sekali

              Description: Belajar Membersihkan Prosesor Komputer Rating: 3.5 Reviewer: SAMBORES ItemReviewed: Belajar Membersihkan Prosesor Komputer

              4 comments:

              1. Wah.. lengkap sekali tips nya... Saatnya bersihin CPU yg mulai berdebu,, Makasih Admin buat info nya..

                ReplyDelete
              2. Mantap sekali uraiannya.. good job saudaraku :)

                ReplyDelete
              3. Bang, klau Processor Kita cuci Pakai sabun Colek, lalu Diberus dengan sikat gigi, stelah itu di rendam/kucek² dengan air, stelah itu di jemur Boleh ga??

                ReplyDelete

              Terima Kasih Atas Komentar Anda

              Copyright © Bengkel SMK berbagi informasi dan tutorial

              Designed By: Habib Blog