Mengenal Batrei CMOS Yang Rusak

Respons: 4 comments
alt="Mengenal Batrei CMOS Yang Rusak"

ref#29

Baterai CMOS, benda kecil yg sering dilupakan orang, atau bahkan Anda belum mengenal benda yg satu ini. Memang karena baterai CMOS sudah menjadi bagian dari mainboard pada paket pembeliannya. Hal inilah yg membuat orang-orang tidak mengetahui apa itu baterai CMOS. Bentuknya yang kecil namun memiliki fungsi yang cukup penting bagi komputer Anda.
Complimentary Metal Oxide Semiconductor (CMOS) adalah nama bagi suatu kelompok besar sirkuit terpadu (komponen dasar yang terdiri dari resistor, transistor dan lain-lain). Chip CMOS termasuk mikroprosesor, mikrokontroler, RAM statis dan gaya mendesain sirkuit digital lainnya. CMOS juga sekaligus adalah proses yang digunakan untuk mengimplementasikan sirkuit tersebut pada suatu IC.
Baterai CMOS (disebut juga CMOS RAM atau hanya CMOS) adalah sebuah baterai yang digunakan oleh BIOS untuk tetap aktif meski tanpa aliran listrik. Salah satu kegunaannya untuk mengaktifkan dan menjalankan fungsi jam, serta menyimpan setting BIOS, dan umumnya bentuk baterainya bulat yang pipih, diameter dan ketebalannya bervariasi. Baterai ini berfungsi untuk memberi tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang, ketika ia tidak atau belum mendapatkan daya dari power supply. Bateray atau CMOS berfungsi untuk mengatur waktu yang ada di sebuah PC.bateray bertegangan dari 4,5 sampai 6 volt ini memberi tegangan untuk chip CMOS dan chip real time clock computer non akti

Berikut beberapa tanda atau ciri kerusakan Baterai CMOS :
• Pengaturan tanggal,bulan,dan tahun akan berubah menjadi default.
• Begitu pula dengan pengaturan BIOS akan kembali ke default.
• Menyebabkan hang ditengah-tengah pengoperasian dan startup.
• Menyebabkan Komputer Black display .
• Kerusakan permanen pada mainboard jika baterai CMOS yang sudah rusak tetap dibiarkan dan tidak diganti dengan yang baru.
• Ketika komputer dinyalakan maka akan muncul tulisan ‘CMOS Checksum Error’
• Komputer tidak bekerja sama sekali ketika dinyalakan. Tidak ada peringatan apapun yang muncul, tidak ada suara beep sama sekali dan layar monitor tidak menampilkan tulisan apa-apa.

Nah cara mengatasinya yaitu dengan mengganti batrei CMOS yang rusak tersebut. Adapun langkah langkah yang harus dilakukan dalam menganti batrei CMOS adalah sebagai berikut :
1. Matikan CPU
2. Lepas battery CMOS, ganti dengan yang normal
3. Nyalakan kembali komputer dan langsung masuk bios dengan menekan berkali tombol delete atau F2 atau F10 ( sesuai jenis motherboard-nya ), setelah masuk bios setting tanggal sesuai tanggal sekarang.
4. Simpan settingan bios dengan menekan tombol F10 kemudian OK, restart komputer dan biarkan masuk system.
5. Kemudian matikan komputer dan cabut sumber listrik. tunggu kira-kira 2 - 10 menit kemudian nyalakan kembali komputer.
6. Langsung masuk bios dan cek kembali tanggal, jika tetap sesuai settingan kita tadi maka komdisi komputer sudah normal. Berarti battery cmos minta ganti.

Namun jika tanggal kembali jadul atau default, maka berarti cmos tidak dapat mendekteksi, lanjutkan ke langkah berikutnya
• Bungkar cpu dan ambil motherboard, lepas memory ( RAM ) dan processor, kemudian jemur di bawah terik matahari sampai motherboard terasa panas ( kira-kira 1 jam ), kemudian tes kembali.
• Jika tidak ada perubahan maka lanjutkan ke step berikut.
• Telusuri jalur + battery cmos, bisa menggunakan AVO meter atau visual. cari kompenen resistor yang menghubungkan battery menuju ic bios, jika tidak normal ganti dengan yang normal, pastikan tidak ada jalur yang putus.
catatan
• Pastikan daya komputer dimatikan.
• Jangan lepaskan colokan yang tidak perlu dan tetap fokus pada baterai cmos saja.
• Perhatikan settingan masuk pengaturan awal bios anda buat catatan bila diperlukan karena ini diperlukan pada akhir tindakan
Description: Mengenal Batrei CMOS Yang Rusak Rating: 3.5 Reviewer: SAMBORES ItemReviewed: Mengenal Batrei CMOS Yang Rusak

4 comments:

  1. nice article gan cocok buat nambah pengetahuan makasih

    ReplyDelete
  2. baterai cmos ya komponen yg terlupakan hehehe

    ReplyDelete
  3. punya ane msalahnya kya gini gan, CPU nyalaaa tpi display monitor gk bsa nyala dan tidak berbunyi beep. mohon pencerahannhya gan, apa mungkin ini disebabkan oleh baterai CMOS??

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Copyright © Bengkel SMK berbagi informasi dan tutorial

Designed By: Habib Blog