Belajar Mengenal SERP

Respons: 4 comments
Belajar Mengenal SERP

ref#24

Mengenal sebuah istilah dan tahu maksudnya menjadi sebuah keharusan jika kita ingin belajar tentang sesuatu hal. Sehingga tentunya menjadi lebih mudah memahami hal tersebut. Dalam dunia blogging, pasti sobat pernahkan mendengar kata SEO itu? Bagi blog yang ber-tema bisnis online pasti sangat memerlukan SEO untuk bisa naik ke peringkat SERP. Lalu, apakah SEO dan SERP itu? Nah di artikel ini kita akan mempelajari tentang SERP.

SERP adalah Setelah halaman web yang kita publish sudah di-crawl dan di-index oleh Google atau search engine, langkah selanjutnya adalah mencari posisi halaman web blog atau website tersebut didalam search index berdasarkan keyword yang kita cari melalui SERP atau Search Engine Result Page.

Jadi SERP atau Search Engine Result Page adalah hasil dari pencarian suatu keyword di search engine yang berupa daftar atau index halaman web. Posisi terbaik halaman web di SERP adalah pada urutan awal dari SERP, oleh karena itu diperlukan SEO Google untuk mengakomodasi kebutuhan ini. Pengertian ini adalah hal penting untuk hasil SEO / SEO Dasar.

SERP bisa hanya menghasilkan hasil pencarian dengan jumlah halaman web ratusan bahkan sampai milyaran halaman web. Masing-masing SERP hasil pencarian search engine memiliki persaingan yang unik, unik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Kualitas SERP dari hasil pencarian dengan keyword yang banyak dilakukan oleh pengguna search engine banyak menjadi incaran para blogger. Hal ini dikarenakan jumlah trafik yang cukup signifikan. Jika kita berhasil menempatkan blog atau website kita di halaman pertama atau bahkan di ranking 1 Google, maka jumlah trafik yang menuju blog atau website kita akan naik. Inilah gunanya SEO agar posisi blog atau website kita bisa berada di ranking 1 Google.

Posisi di SERP menjadi acuan para blogger untuk mengetahui kualitas teknik SEO dari blog atau website mereka. Semakin baik posisi SERP untuk blog atau website kita, maka semakin baik kualitas teknik SEO yang kita lakukan

Masalahnya biasanya ada banyak blog lain yang juga memiliki pembahasan yang sama, dan mesin pencari akan mengurutkan hasil pencarian dengan peringkat sesuai dengan kriteria dalam rangka memberikan hasil yang relevan untuk pengguna, walaupun begitu kadang blog kita sangat relevan tetapi posisi blog kita berada jauh didasar halaman sehingga pengguna mesin pencari tidak dapat mengakses blog.

Mesin pencari sendiri hanya sebuah robot, mereka tidak bisa membedakan secara pasti blog atau artikel mana yang lebih baik untuk ditampilkan pada posisi teratas SERP. Walau begitu relevansi artikel adalah faktor utama yang akan menentukan posisi SERP sebuah blog / artikel. Relevansi artikel mengenai kata kunci adalah mutlak, tanpa itu sebagus apapun SEO yang dilakukan tidak akan memberikan damfak sebesar jika banyak artikel yang berhubungan dan berkualitas.

Banyak faktor lain yang akan mempengaruhi SERP blog, setiap afaktor saling berkaitan dan bermuara pada informasi yang akan didapat oleh pengguna mesin pencari, jadi pada intinya adalah berikan informasi yang dicari oleh pengguna mesin pencari maka blog akan berada pada halaman utama SERP.

Popuaritas Kata Kunci Dan Jumlah Kompetitor

Popularitas kata kunci sangat mempengaruhi SERP ini dikarenakan semakin banyak kata kunci tersebut digunakan maka akan semakin banyak blog dan situs lain yang akan mencoba memberikan informasi tersebut, sehingga persaingan pada SERP akan semakin berat. Kita bisa menggunakan alat bantu / tools bahkan gratisan untuk mengetahui popularitas sebuah kata kunci.

Selain popularitas jumlah kompetitor juga akan mempengaruhi SERP blog, semakin banyak kompetitor maka akan semakin banyak persaingan. Saya sendiri kurang paham mengenai popularitas kata kunci dan kompetitor saya hanya membuat blog dengan niche tertentu dan menulis sesuatu berkaitan dengan niche tidak peduli berapa kompetitor maupun popularitas kata kunci yang tertarget, biasanya saya hanya menerka popularitas kata kunci dan tentu saja kemungkinan untuk salah jauh lebih besar, tetapi menurut saya selama blog terus terawat blog akan terus berkembang.

Link Keluar dan Masuk

Backlink menjadi salah satu cara untuk mendatangkan pengunjung dan juga untuk meningkatkan SERP, semakin banyak link yang didapat itu berarti mengidentifikasi bahwa blog semakin populer sehingga mesin pencari akan menempatkan blog pada SERP yang lebih baik dibanding blog lain yang lebih sedikit memiliki backlink. Tetapi banyak hal yang harus dipahami mengenai bagaiman backlink bekerja dan bagaimana menyebar backlink yang benar dikarenakan banyak cara menyebar backlink yang justru membuat kinerja blog menurun bahkan bisa menyebabkan banned dari mesin pencari. Bertukar link sesama blogger, berkomentar dengan meninggalkan link, menempatkan link pada tanda tangan dan masih banyak lagi adalah cara yang paling umum dalam menyebarkan link. Sederhana dan membutuhkan waktu tetapi cara ini cukup ampuh dan aman sehingga dapat meningkatkan popularitas blog.

Google webmaster tools adalah alat yang bisa digunakan untuk memonitor backlink, link keluar, link antar halaman blog dan masih banyak lagi setidaknya ini akan memberikan gambaran bagaimana kinerja blog.

Link antar artikel juga sangat penting ini akan mempermudah pengunjung dalam mencari informasi, sehingga akan meningkatkan jumlah tayangan halaman.

Pagerank Checker adalah tool untuk mengetahui posisi SERP blog dengan kata kunci tertentu kita bisa melihat posisi blog kita.


Sumber dari hasil blogging punya teman teman  
Description: Belajar Mengenal SERP Rating: 3.5 Reviewer: SAMBORES ItemReviewed: Belajar Mengenal SERP

4 comments:

  1. Tentunya SERP dan SEO itu selalu punya hubungan timbal balik. Saya suka banget menelusuri keyword2 di SE sebelum membuat postingan, supaya jangan terlalu susah mencapai SERP nya. :D

    ReplyDelete
  2. wah, kalau bicara tentang SERP ternyata penting juga ya sob untuk Blog, terimakasih banyak sudah mau berbagi sobat

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Copyright © Bengkel SMK berbagi informasi dan tutorial

Designed By: Habib Blog