Beberapa Masalah Pada Waktu Instal Windows XP

Respons: 5 comments
Beberapa masalah pada waktu instal Windows XP

ref40

Selamat siang semua setelah pada postingan yang lalu penulis memberikan sedikit informasi tentang blue screen pada komputer... kali ini postingan penulis sedikit curhat pengalaman pada waktu menjual hardisk second ke seorang teman yang katanya tidak bisa diinstal operasi sysetem XP.
Pernahkah anda mengalami masalah pada saat menginstall sistem operasi Windows XP? Terkadang masalah tersebut membuat kita jengkel dan beranggapan bahwa komputer kita sudah rusak atau bagaimana! Nah melalui tulisan ini saya ingin berbagi dengan tema-teman semua dengan pengalaman yang sudah saya alami pada saat meng-install sistem operasi windows tersebut dan bagaimana cara mengatasinya yamh penulis temukan dari hasil googling dari blog para sahabat.

Beberapa masalah pada waktu instal windows XP
1. Pada saat kita meng-install windows terkadang terjadi kemacetan pada saat progress berjalan. Progress jadi berhenti dan tidak bisa berjalan. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal.
Sebab

  • Bisa Jadi CD Windows XP yang anda gunakan sudah tidakbagus lagi (Sudak tergores-gores) sehingga tidak bisa terputar dan akhirnya macet.
  • Bisa jadi head pada CD/DVD ROM anda kotor sehingga tidak bisa membaca data yang ada pada Track CD Windows anda.

Cara Mengatasinya :
Kalau memang itu dikarenakan CD Windows anda sudah tidak bagus maka sebaiknya ganti CD Windows yang lain. Atau coba bersihkan pakai alkohol kemudian coba kembali.
Kalau bukan karena itu maka coba bersihkan head CD/DVD ROM anda menggunakan alkohol. Setelah anda bersihkan usahakan sbelum dipakai pastikan head tersebut betul-betul kering. Head CD/DVD ROM ada pada bagian tengah, kecil, tampak seperti kaca bening.

2. Pada saat penginstalan sistem operasi Windows XP terkadang ada beberapa data tertentu yang tidak bisa tercopy seperti shell32, winlogon.exe dll.
Sebab

  • Hal ini biasa terjadi pada saat kita menginstall ulang komputer. Hal ini terjadi karena pada saat pengistalan masih terdapat bekas install sebelumnya yang belum hilang. Sehingga pesan yang muncul biasanya “tidak bisa di copy” tentunya dalam bahasa Inggris (sistem operasi bukan orang bugis yang buat bos. hehehehehehe)

Cara mengatasinya :
Apabila ada beberapa data yang tidak bisa tercopy maka pada saat pengistalan berhenti dan tampil pesan data yang tidak bisa dicopy tersebut maka buka CD/DVD ROM anda, kemudian angkat CD-nya kemudian pasang kembali lalu tekan enter untuk TRY.
Cara yang lain adalah pertama-tama coba bersihkan head CD/DVD ROM anda menggunakan alkohol kemudian coba kembali. Apabila hal tersebut masih berlanjut maka satu-satunya cara adalah Backup semua data anda kemudian remove semua partisi yang ada kemudian partisi ulang lalu lakukan penginstalan kembali.

3.Pada saat penginstalan sistem operasi Windows XP terkadang terasa lama. melebihi waktu normal peginstalan. Ingat waktu normal penginstalan sistem operasi Windows XP yaitu 20 menit. Apabila sudah melebihi waktu tersebut maka itu sudah tidak normal.
Sebab

  • Hal tersebut disebabkan karena CD/DVD ROM terlalu panas sehingga tidak bisa memutar CD Windows yang ada didalamnya. Akhirnya data akan lambat tercopy. Apabila ini terjadi ujung-ujungnya adalah BLUE SCREEN dan pesan yang muncul adalah DUMP MEMORY. Perangkat sudah tidak mampu mengatasinya.

Cara Mengatasinya :
Apabila hal tersebut terjadi (BLUE SCREEN) maka buka CD/DVD ROM anda kemudian biarkan beberapa saat sampai dingin kembali. setelah itu tutup kemudian biarkan kembali beberapa saat. Turn Off komputer anda dan biarkan beberapa saat. Setelah sekitar 1/2 jam baru lakukan kembali penginstalan.

4. Hardisk tidak dikenali
Wikipedia, AHCI (Advance Host Controller Interface) itu adalah teknologi yang memungkinkan software untuk berkomunikasi dengan SATA controller untuk menyediakan kemampuan seperti misalnya hot-plugging dan native command queuing. , metode pengenalan hardware yang berbeda, lain kalau dibuat booting lewat Linux Live CD kaya’ Backtrack, atau diinstall Windows Vista, semua bisa jalan tanpa kendala bluescreen. Kalau untuk Windows XP, masih nggak mengenali AHCI (Advanced Host Controller Interface), makanya terjadi bluescreen.

Demikian sedikit yang bisa penulis posting pada kesempatan kali ini. dilain waktu penulis ingin memberikan informasi mengenai sebab dan cara mengatasi Hardisk yang tidak bisa dikenali lebih detail



3.5 Description: Beberapa Masalah Pada Waktu Instal Windows XP Rating: 3.5 Reviewer: SAMBORES ItemReviewed: Beberapa Masalah Pada Waktu Instal Windows XP

5 comments:

  1. mantap gan, terima kasih atas ilmunya :).

    ReplyDelete
  2. Bisa bantu masalah ku, komputer ku gak mau di instal XP. tdi nya bisa, namun setelah ku instal linux dan mau ku instal xp kembali dia ngak mau. selalu berhenti di starting windows, tidak mau masuk ke tahap pastisi hardisk. Sudah ku coba mengganti Hardisk dan Ram, tapi masih sama. Ku coba instal Windows lain bisa. mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  3. gan mau tanya nih kalo masalahnya bukan pada cd, cd rom, dan hardisk nya itu masalahnya muncul pada apanya ya ?

    ReplyDelete
  4. maksih mas buat infonya,,
    sangat menarik,,

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Copyright © Bengkel SMK berbagi informasi dan tutorial

Designed By: Habib Blog