Curhatan 2 Mencegah Malware Komputer

Respons: 2 comments


ref#31


Postingan ini merupakan kelanjutan dari curhatan pertama..
Mengingat bahaya yang bisa atau dapat ditimbulkan oleh Malware ini, maka kita sebagai pengguna komputer dan Internet sudah selayaknya mengetahui cara untuk mencegah agar malware tidak menginfeksi komputer kita.

Berikut beberapa tips untuk mengetahui apakah komputer sahabat ada malware atau bersih

Masuk Safe Mode
PC kalian sebaiknya terputus dari Internet, dan tidak menggunakannya sampai kalian siap untuk membersihkan PC kalian. Hal ini dapat membantu mencegah malware dari penyebaran dan / atau kebocoran data pribadi Anda.
Jika kalian berpikir PC kalian mungkin terinfeksi malware, boot PC ke Microsoft Safe Mode . Dalam mode ini, hanya program minimum yang diperlukan dan layanan yang dimuat. Jika malware apapun diset untuk load secara otomatis ketika Windows mulai, masuk dalam mode ini dapat mencegah dari terinfeksi.
Untuk boot ke Windows Safe Mode, pertama mematikan PC. Cari tombol F8 pada keyboard PC Anda; mengubah PC pada, dan segera setelah Anda melihat sesuatu di layar, tekan tombol F8berulang kali. Ini harus membuka menu Boot Advanced Options, ada, memilih Mode Aman dengan Jaringan dan tekan Enter. Jika kalian menemukan bahwa PC Anda berjalan terasa lebih cepat dalam Safe Mode. Ini bisa menjadi tanda bahwa sistem terinfeksi malware, atau bisa berarti bahwa PC kalian memiliki banyak program yang biasanya start up bersama Windows.

Hapus Temporary File
Setelah kalian di Safe Mode, lakukan atau menjalankan scan virus. Tapi sebelum melakukannya, menghapus file-file sementara yang kalian anggap tidak penting. Melakukan hal ini dapat mempercepat pemindaian virus, ruang disk bebas, dan bahkan menyingkirkan beberapa malware. Untuk menggunakan utilitas Disk Cleanup disertakan dengan Windows, pilih Start, All Programs (atau hanya Program), Accessories, System Tools, Disk Cleanup.

Scanner Malware
Sekarang jalankan scanner malware melakukan pekerjaan itu - dan untungnya, menjalankan scanner sudah cukup untuk menghapus infeksi yang paling. Jika Akalian memiliki program antivirus yang aktif di komputer, kalian harus menggunakan scanner yang berbeda untuk memeriksa malware, karena perangkat lunak antivirus saat ini mungkin tidak terdeteksi malware. Ingat, tidak ada program antivirus dapat mendeteksi 100 persen dari jutaan jenis malware dan varian.

Ada dua jenis program antivirus. Anda mungkin lebih akrab dengan real-time program antivirus, yang terus-menerus menonton untuk malware. Pilihan lain adalah on-demand scanner, yang mencari infeksi malware ketika kalian membuka program secara manual dan menjalankan scan. Kalian harus memiliki hanya satu real-time program antivirus terinstal pada suatu waktu, namun Anda dapat menyimpan beberapa on-demand scanner berguna untuk menjalankan scan dengan beberapa program, sehingga memastikan bahwa Anda tertutup.
Jika kalian berpikir PC terinfeksi, aku sarankan menggunakan on-demand scanner pertama dan kemudian menindaklanjuti dengan scan penuh oleh real-time program antivirus. Di antara (dan berkualitas tinggi) bebas on-demand scanner yang tersedia adalah BitDefender Free Edition ,Kaspersky Virus Removal Tool , Malwarebytes , Norman Malware Cleaner , dan SuperAntiSpyware .

Jalankan Scan Dengan Malwarebytes
Untuk tujuan ilustrasi, saya akan menjelaskan bagaimana menggunakan Malwarebytes on-demand scanner. Untuk memulai, download . Jika Anda terputus dari Internet untuk alasan keamanan ketika Anda pertama kali menduga bahwa Anda mungkin terinfeksi, menyambung kembali ke sehingga Anda dapat men-download, menginstal, dan memperbarui Malwarebytes, kemudian lepaskan dari Internet lagi sebelum Anda memulai pemindaian sebenarnya. Jika tidak dapat mengakses Internet atau Anda tidak dapat men-download Malwarebytes pada komputer yang terinfeksi, download di komputer lain, simpan ke USB flash drive, dan mengambil flash drive ke komputer yang terinfeksi.


Beberapa tips umum yang bisa kita lakukan agar komputer terhindar dari serangan malware:

1. Hindari menggunakan program bajakan,crack, nulled.
2. Selalu update Sistem Operasi, Software aplikasi, dan Browser yang kita gunakan.
3. Pasang Antivirus misalnya Avast, Kaspersky, Norton dsb dan pastikan juga selalu update
4. Aktifkan Firewall Windows, klo dirasa masih kurang bisa menggunakan ZoneAlarm Free Firewall
5. Hindari membuka website yang menyediakan software bajakan, crack, keygen, website 17+ dsb.
6. Jangan asal mendownload file dari internet (layanan file sharing), pastikan dari situs yang terpercaya.
7. Jangan membuka email sembarangan dari orang yang tidak kita kenal, apalagi dalam format .exe, .scr, .vbs.
8. Dalam membuat password gunakan kombinasi huruf, angka dan karakter unik seperti $,#,@ dsb.
9. Pasang Software anti malware, seperti misalnya IObit Malware Fighter, HijackThis, Ad-Aware dan McAfee Site Advisor
10. Bersihkan temporary internet file, cookies, autocomplete form. Kita bisa menggunakan tools CCLeaner.





Sumber
http://www.wikipedia.com/
http://www.catatanteknisi.com/2011/12/cara-menghindari-malware.htm
http://www.itv-gear.com/6-tips-cara-atasi-serangan-malware-di-komputer.htm
http://iyoong.com/kompter-saya-terkena-malware/

dan blognya - Malware ( M. Ardiansyah ), Cara Kerja dan Cara Mengatasi Malware ( Rifa Aulia ), Gejala Komputer Terinfeksi Malware ( Suci Wulandini ), Jenis Malware ( Irfan Maulana )



Description: Curhatan 2 Mencegah Malware Komputer Rating: 3.5 Reviewer: SAMBORES ItemReviewed: Curhatan 2 Mencegah Malware Komputer

2 comments:

  1. wow dah tutorialnya bagus enak di baca ,tampilan webnya juga nak dilihat ..saatnya bilang SEMPURNA

    ReplyDelete
  2. virus tertentu dapat mencegah atau memblokir user untuk masuk ke safe mode jadi jika sudah seperti itu metode di atas sia2 mungkin solusinya bisa sedikit melakukan perbaikan pada registry windows

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Copyright © Bengkel SMK berbagi informasi dan tutorial

Designed By: Habib Blog