Mengenal Troubleshooting Komputer

Respons: 3 comments
alt="mengenal troubleshooting komputer"

ref#26

Selamat pagi.....Pada postingan kali ini akan memberikan informasi tentang troubleshooting yang sering dialami komputer. Dalam dunia komputer, segala sesuatu masalah yang berhubungan dengan komputer disebut Troubleshooting dan timbulnya masalah dalam komputer tentu ada sebabnya. Sebagai pengguna atau pemakai komputer tentunya kita juga pernah mengalami masalah dengan komputer.
Hal tersebut dapat diakibatkan adanya kesesuaian dari komponen dasar komputer itu sendiri yang biasanya berkaitan dengan Software , Hardware atau Brainware .
Terdapat dua macam teknik dalam mendeteksi permasalahan dalam komputer, yaitu teknik Forward dan teknik Backward. Untuk lebih mengenal kedua teknik tersebut, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu definisi dari masing-masing teknik tersebut.
1. Teknik Forward
Sesuai dengan namanya, maka dalam teknik ini segala macam permasalahan dideteksi semenjak awal komputer dirakit dan biasanya teknik ini hanya digunakan oleh orang-orang dealer komputer yang sering melakukan perakitan komputer. Pada teknik ini hanya dilakukan pendeteksian masalah secara sederhana dan dilakukan sebelum komputer dinyalakan (dialiri listrik).

2. Teknik Backward
Hampir sama dengan teknik sebelumnya, teknik Backward adalah teknik untuk mendeteksi kesalahan pada komputer setelah komputer dinyalakan (dialiri listrik). Teknik lebih banyak digunakan karena pada umumnya permasalahan dalam komputer baru akan timbul setelah “jam terbang” komputernya sudah banyak dan ini sudah merupakan hal yang wajar.

Berikut beberapa kasus yang sering terjadi pada komputer
1. Komputer Menyala Tapi Tidak Ada Tampilan Di Layar
2. Komputer berbunyi TIT 3x pendek/cepat
3. Komputer berbunyi TIT...TIT...TIT...TIT...terus dan teratur tidak berhenti sebelum kita matikan : Kerusakan pada memory card / ram.
4. Komputer keluar TULISAN DISK BOOT FAILURE, INSERT SYSTEM DISK AND PRESS ENTER
5. Komputer tiba - tiba tidak bisa membaca Flashdisk
6. CD / DVD rom sulit terbuka/terkunci
7. Monitor berubah - ubah warna
8. Flopy Disk menyala-nyala terus Description: Mengenal Troubleshooting Komputer Rating: 3.5 Reviewer: SAMBORES ItemReviewed: Mengenal Troubleshooting Komputer

3 comments:

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Copyright © Bengkel SMK berbagi informasi dan tutorial

Designed By: Habib Blog