Mengenal Windows Server 2012

Respons: 0 comments
alt="Windows Server 2012"

ref#13

Tentunya Anda telah mengetahui kehadiran Windows Server 2012 yang telah diluncurkan secara resmi oleh Microsoft beberapa bulan yang lalu, sebagai sistem operasi yang dirancang untuk 'komputer super', fitur bawaan Windows Server 2012 memang tak main-main. Bahkan Microsoft mengklaim sistem ini mampu mengelola 64 prosesor sekaligus.
Windows Server 2012 merupakan sistem operasi teranyar Microsot sebagai penerus Windows Server 2008 R2 yang sudah dirilis sejak 2010 silam. Windows Server 2012 adalah landasan dari sistem operasi cloud, yang menyediakan satu platform yang konsisten di seluruh komputasi awan, baik pribadi, hosted dan publik. Windows Server 2012 sangat berbeda dengan versi sebelumnya. Fitur-fitur dan soal dukungan perangkat keras makin diperkaya menyesuaikan spesifikasi hardware terkini. Produk ini pun diklaim punya sejumlah fitur bawaan yang luar biasa.

Untuk dukungan prosesor misalnya, Windows Server 2012 diklaim mampu menangani 64 prosesor fisik secara simultan. Semakin luar biasa karena sistem operasi ini mendukung penggunaan memori RAM hingga 1 TB dalam satu server. Keunggulan lainnya dari Windows Server 2012 adalah fitur Quality of Services (QoS) dimana Service Level of Agreement (SLA) networking tiap server dapat dijaga sesuai dengan kebutuhan bisnis. Windows Server 2012 menyediakan banyak tools dapat digunakan untuk memanage kerja sebuah sistem. Tools tersebut antara lain user interface (UI), Tools untuk mengkonfigurasi dan memanage server, Tools untuk menambah atau menginstall roles dan feature, Tools untuk remote administration, Windows Management Instrumentation (WMI) untuk meningkatkan script management, penambahan Group Policy, dan lain-lain.

Fitur Windows Update tetap disiapkan untuk melakukan Automatic Updates, Windows Error Reporting (WER), dan mengikutsertakan dalam Customer Experience Improvement Program. Mengatur Windows Firewall pada server, dan memungkinkan Remote Desktop sehingga dengan demikian server bisa diatur atau dimanage secara remote menggunakan Terminal Services. Jadi Server Manager merupakan layanan langsung untuk menambah role dan fitur pada Windows Server 2012. Sebenarnya tools Server Manager ini ditargetkan bagi kalangan IT secara umum yang bekerja pada organisasi dengan skala sedang (medium-size). Sedangkan bagi IT Professional yang bekerja pada perusahaan besar bisa juga menggunakan tools lain untuk mengkonfiugrasi server tersebut.

Fitur server Manager merupakan sebuah integrated MMC console menyediakan sumber untuk memanage server roles dan feature serta untuk memonitoring status sebuah server. Walaupun Windows PowerShell sudah ada sejak Windows Server 2008, namun di Windows Server 2012 kemampuannya semakin ditingkatkan, dengan sebuah command-line shell dan scripting language yang mengandung lebih dari 130 cmdlets ditambah beberapa intuitive scripting language. PowerShell adalah sebuah tools yang powerfull untuk melakukan administration task di Windows Server 2012 seperti memanage servis, proses dan storage. Dan PowerShell dapat digunakan untuk server role seperti Internet Information Services (IIS) 8, Terminal services dan Active Directory Domain Services.

Ketika menggunakan Windows Server 2012, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah dengan menambahkan role Hyper-V. Dengan Hyper-V memungkinkan kita menjalankan lebih dari satu sistem operasi baik 32-bit atau 64-bit pada saat yang bersamaan pada komputer server yang sama. Jadi dalam hal ini sistem operasi berjalan diatas mesin virtual (VM).

Description: Mengenal Windows Server 2012 Rating: 3.5 Reviewer: SAMBORES ItemReviewed: Mengenal Windows Server 2012

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Copyright © Bengkel SMK berbagi informasi dan tutorial

Designed By: Habib Blog