Cethe Kopi Buat Membatik Rokok

Respons: 0 comments

sambores.blogspot.com

REF#1

Mungkin sebagian dari kita pecinta kopi dan rokok belum tahu bagaimana sih cara membuat atau proses pembuatan endapan kopi sehingga menjadi Tinta cethe yang bisa digunakan untuk menggambar pada rokok.
Kali ini akan saya posting artikel bagaimana pembuatan dari itu (cara memproses berbeda – beda sesuai dengan keinginan).

1. Buatlah secangkir kopi yang ada ampasnya atau endapan bubuknya (biasanya menggunakan kopi hitam).
2. Aduk – aduk hingga rata dan tiriskan atau tuangkan kopi yang masih baru diaduk tadi ke sebuah piring kecil atau lebih dikenal “lepek”.
3. Diamkan kopi yang ada di “lepek” atau piring kecil tadi hingga kelihatan ada endapan kopi di bawah dan terpisah dengan air .
4. Minum atau kembalikan air ke dalam gelas sehingga yang tersisa hanya endapan kopi yang ada di “lepek” atau piring kecil tadi.
5. Keringkan endapan kopi dengan menggunaka kertas atau tissue kering (jika menggunakan kertas penyerapan air pada endapan kopi tidak sebanyak jika menggunakan tissue).
6. Jika sudah cukup kering atau bahkan kering, tambahkan susu kental manis secukupnya.(kegunaan dari susu kental manis supaya endapan kopi bisa merekat dengan baik pada rokok).
Note : bisa menggunakan berbagai macam campuran sesuai dengan keinginan, misalnya bisa ditambah dengan mochacino, gula jawa, dan lain – lainnya supaya rasa yang didapat bisa lebih maksimal.
7. Campurlah dan aduklah secara merata endapan kopi secara merata sehingga endapan kopi menjadi lebih mengental dan tidak kering lagi.
Jadilah tinta cethe dan siap digunakan.

Description: Cethe Kopi Buat Membatik Rokok Rating: 3.5 Reviewer: SAMBORES ItemReviewed: Cethe Kopi Buat Membatik Rokok

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Copyright © Bengkel SMK berbagi informasi dan tutorial

Designed By: Habib Blog